Mayoritas Honorer K2 Guru, Kok Mendikbud Diam Saja?

JAKARTA - Dari 605.179 tenaga honorer kategori dua (K2) yang ikut tes CPNS 2013, sebanyak  254.774 di antaranya adalah guru. Dan separoh dari  181.537 orang honorer K2 yang nantinya dinyatakan lulus, adalah guru.
Namun, menurut  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Presidium Forum Honorer Indonesia (FHI) Pusat Eko Imam Suryanto, hingga saat ini belum ada pernyataan Mendikbud M Nuh terkait nasib guru honorer K2 itu.
Eko menilai, dalam menangani guru honorer K2, terutama menyangkut nasib yang nantinya gagal tes, tidak ada koordinasi KemenPAN-RB dengan Kemendikbud.
"Yang ada hanya skenario Kemenpan.Contohnya honorer K2 guru.Tidak ada statement mendikbud atau PGRI untukmendorong prnyelesaian guru secara adil dan manusiawi," kata Eko Imam dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Sabtu (8/2).
Eko meminta agar sebelum pengumuman kelulusan honorer K2 dilakukan, Senin (10/2), sudah ada aturan yang jelas mengenai honorer yang gagal jadi CPNS.
Pernah dibeberkan Eko merujuk data Kemendikbud, kebutuhan guru setiap tahun 300 ribu guru per tahun.
Jumlah itu, katanya, bisa ditutup oleh guru honorer K2 yang jumlahnya 254.774 orang, yang mereka hingga saat ini masih bertugas di sekolah negeri di seluruh Indonesia. (sam/jpnn)


0 komentar: