Disdikpora Kec. Nusawungu menggelar sosialisasi Dapodik 2013

UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Nusawungu mengadakan Sosialisasi Aplikasi Dapodik Tahun 2013 Tingkat SD  untuk para Operator Sekolah, Aplikasi Dapodik ini merupakan release yang terbaru untuk pendataan Dikdas 2013, Kegiatan ini dilaksanakan sehari pada hari Sabtu, 02 Nopember 2013 di SD Negeri Danasri 01 yang diikuti oleh 51 Operator Sekolah dari 51 Sekolah Dasar  yang ada di Kecamatan Nusawungu

Kebijakan Teknis Dapodikdas 2013


Sistem Pendataan Pendidikan Dasar adalah Pendataan yang dilakukan untuk seluruh entitas data pokok pendidikan yang bersifat individual dan terintegrasi dari 3 entitas data pendidikan (Satuan Pendidikan, PTK dan Peserta Didik) untuk jenjang dasar (SD, SDLB, SMP, SMPLB).

Pendataan yang bersifat satu pintu artinya hanya satu-satunya sistem pendataan resmi digunakan di lingkungan Ditjen Dikdas.
Pendataan ini merupakan pendataan individual baik dari satuan pendidikan, PTK Maupun Siswanya dalam satu aplikasi pendataan yang terintegrasi dan tidak berdiri sendiri-sendiri (parsial) dari sistem pendataan sebelumnya.
INSTRUKSI MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN No. 2 TAHUN 2011
Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan No. 2 Tahun 2011, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan oleh unit utama (Ditjen Dikdas).
Data yang dikirimkan ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh penyusunan program pendidikan baik itu bantuan, hibah, tunjangan, subsidi dan lain-lain. Data yang bersifat individual merupakan prasyarat penyaluran dana untuk kegiatan transaksional kemedikbud dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota maupun satuan pendidikan.


Ada beberapa perbedaan antara Aplikasi Dapodik 2012 dan 2013 antara lain yaitu 












 Fokus pada kualitas data
 Requirement sistem lebih besar
 Aplikasi menginstall dua aplikasi server/service, yaitu service database dan service web.
 Satu komputer bisa sharing input melalui jaringan
 PC harus dedicated, karena aplikasi dan servicenya sulit/tidak bisa dipindah-pindah.
 Tidak ada backup seluruh database lokal.
 Tidak ada import data.
 Menginput harus lengkap tidak bisa separuh-separuh.
 Kirim data dengan sistem sinkronisasi ( online )

Pendataan secara digital pada Aplikasi Dapodik ini merupakan dasar kebijakan pembayaran sertifikasi guru pada jenjang SD dan SMP, pengelolaan data dapodik itu sendiri dilakukan oleh operator sekolah

 Overview Aplikasi Dapodik 2013
 Model: Web-based
 Platform: LAMPP stack
 Database: Postgresql 9.2
 Requirement:
 Komputer: PC Dedicated (aplikasi tidak bisa dipindah2)
 Processor: Pentium Core Duo
 OS: Windows 7
 RAM: 4GB
 Harddisk: 100 MB
 Disarankan PC pembelian tahun 2010 ke atas



0 komentar: