APBD Cilacap Untuk GTT PTT telah disetujui

Untuk memberi tambahan penghasilan bagi guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT), Pemkab Cilacap melalui APBD 2014 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,5 miliar.
‘’Anggaran tersebut untuk sekadar memberi tambahan penghasilan bagi mereka. Kami berharap semua bisa kebagian. Termasuk GTT dan PTT yang mulai wiyata bakti setelah 2005. Biar semua bisa merasakan,’’kata Ketua Komisi D (Kesra) DPRD, HAMuslikhin SH MSi, kemarin.
Menurut dia, para GTT dan PTT harus bersyukur karena eksekutif dan legislatif akhirnya sepakat mengalokasikan kembali anggaran untuk menambah honorarium sebesar Rp 14,5 miliar. Anggaran tersebut sama seperti yang dialokasikan pada APBD TA 2013. Mengingat jumlah mereka cukup banyak, mencapai 5.907 orang, honorarium yang bakal diterimakan sebagai tambahan penghasilan sekitar Rp 200.000 per bulan atau lebih.
‘’Sebenarnya kami pun ingin Pemkab bisa memberi honorarium sesuai UMK, tapi semua itu harus mempertimbangkan kembali kemampuan keuangan yang ada. Kami jelas senang kalau semua GTT dan PTT mendapat honorarium sesuai UMK 2014,’’ katanya.

Jumlah tersebut tentu masih jauh dari tuntutan Forum Komunikasi (FK) GTT-PTTyang menghendaki honorarium GTT dan PTTdisesuaikan dengan upah minimum kabupaten (UMK) 2014. Pasalnya, UMK 2014 untuk wilayah Cilacap Kota sebesar Rp 1.125.000/bulan, UMK Cilacap Barat Rp 950.000, dan UMK Cilacap Timur Rp 975.000.


Menurut Muslikhin, pihaknya sangat bersyukur karena rekomendasi Komisi D kepada pimpinan DPRD dan Badan Anggaran agar di APBD TA2014 dialokasikan lagi anggaran untuk tambahan penghasilan GTTdan PTTsebesar Rp 14,5 miliar telah direspons dan bahkan langsung disetujui oleh Badan Anggaran dan Tim Panitia Anggaran Daerah (TPAD).

Terbukti, anggaran Rp 14,5 miliar sudah masuk di APBD TA2014 yang telah ditetapkan Kamis pekan lalu (21/11). ‘’Adapun mengenai teknis pembayaran dan berapa besar honorarium yang bisa dibayarkan kepada masing-masing GTT dan PTT selama tahun 2014, diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Disdikpora).

Kami berharap semua mendapat tambahan penghasilan dari anggaran tersebut,’’ katanya. Kepala Disdikpora Cilacap, H Tulus Wibowo SH SPd MSi, mengatakan pihaknya akan menghitung kembali besar tambahan penghasilan bagi GTT dan PTT.



0 komentar: