Workshop Implementasi Kurikulum 2013

A.      Latar Belakang
Pendekatan tematik yang akhir –akhir ini digulirkan dan disosialisasikan di lapangan memerlukan penjelasan yang cukup rinci. Apa dan bagaimana pembelajaran tematik  yang dikehendaki pemerintah (Sistem Pendidikan Nasional) tentunya diawali dari ruang lingkup berbagai mata pelajaran. Dalam kajian atau kupasan ini diperlukan motivasi, kontribusi,dan adaptasi antara guru dan siswa, karena suatu model pembelajaran ada kemungkinan cocok di kelas A belum tentu cocok di kelas B.
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan pembelajaran tematik

integratif, pembelajaran model ini mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran ke dalam tema – tema.
                 Kepala sekolah mempunyai peran yang sangat strategis dalam peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan. Sekolah akan baik apabila dilakukan oleh kepala sekolah yang baik, Kepala sekolah yang baik akan terwujud apabila ditangani oleh kepala sekolah yang mempunyai kepemimpinan yang potensial. Sebagai konsekuensinya kepala sekolah harus merupakan orang-orang yang terpilih dari sisi kualifikasi maupun kompetensinya sebagaimana yang dimaksud oleh Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007.
          Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan workshop ini, maka disusun panduan kegiatan yang terstruktur dan terprogram untuk memperlancar dan mensukseskan kegiatan ini sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

B.           Dasar  
Dasar pelaksanaan workshop ini adalah :
1.             Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.             Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.             Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
4.             Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
5.             Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

C.      Tujuan
Tujuan workshop Implementasi Kurikulum 2013 adalah memberikan bekal kepada kepala sekolah dan guru  dalam administrasi, proses pembelajaran, dan evaluasi.

D.      FASILITATOR/NARA SUMBER
Fasilitator da nara sumber  adalah mereka yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya dari PPPPTK  PKn dan IPS Malang, serta nara sumber dari Kabupaten Cilacap.

E.       WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Pelaksanaan  Workshop Implementasi Kurikulum 2013 ini dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Oktober s.d.  Sabtu, 26 Oktober 2013 dengan mengambil tempat di SD Negeri Danasrilor 01Alamat : Desa Danasrilor Kec. Nusawungu

F.      SASARAN/PESERTA
Sasaran  Workshop Implementasi Kurikulum 2013 adalah Guru kelas I, Guru kelas IV dan Kepala Sekolah. Secara keseluruhan peserta workshop kurikulum 2013 berjumlah 150 orang dengan perincian Kepala sekolah 50 orang, guru  kelas I 50 0rang  dan guru kelas IV 50 orang 




0 komentar: