Kisi-Kisi Soal CPNS 2013

Kisi-kisi soal cpns CAT dan Lembar Jawab Komputer (LJK) 2013 yang akan dikerjakan oleh keseluruhan peserta pelamar dalam proses pendaftaran cpns tahun 2013 adalah juga merupakan bagian dari rekrutmen calon pegawai negeri sipil di tahun anggaran 2013-2014 ini. Setelah selesai dalam pelaksaan tes cpns dengan sistem komputer (CAT) ini maka pemerintah juga akan mengumumkan dan memberikan pengumuman hasil kelulusan tes cpns tahun 2013 yang rencananya akan diberikan pada bulan desember 2013 ini.
Setiawan Wangsaatmaja sebagai Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah mengatakan, bahwasannya pelaksanaan tes CPNS akan dibagi dalam dua metode. Yaitu sitem yang menggunakan LJK dan sistem CAT (Computer Assisted Test) pada seleksi calon pegawai negeri sipil tahun ini.

Pemerintah telah membuka seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) baru di tahun 2013 ini. Kuota CPNS tahun 2013 sejumlah 60.000 yang dapat disaring melewati beberapa tahapan tes CPNS, yang pada tahun ini maka para pelamar CPNS harus lulus tes kompetensi dasar ( TKD )serta tes kompetensi bidang ( TKB ), cocok dalam hal bidang tugas tiap-tiap jabatan masing-masing formasi cpns.

Kisi-Kisi Soal TKD (CAT) CPNS 2013

Bocoran kisi soal cpns CAT akan terdiri dari soal-soal antara lain sebagai berikut :
  1. Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK ). Kumpulan soal CPNS ini ditujukan untuk menilai penguasaan pegetahuan serta kekuatan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia, yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta NKRI. NKRI ini meliputi sistem tata negara, baik pusat ataupun tempat, histori perjuangan bangsa, fungsi Bangsa Indonesia di dalam tatanan regional ataupun Internasional, serta kekuatan dalam pemahaman berbahasa indonesia dengan baik dan benar.
  2. Tes Intelegensi Umum ( TIU ). Tes ini ditujukan untuk menilai kekuatan verbal, yaitu kekuatan saat menyampaikan informasi dengan lisan ataupun catat, kekuatan numeric, yaitu kekuatan lakukan operasi perhitungan angka serta lihat jalinan di antara angka-angka. Kumpulan soal CAT ini juga akan berlaku bagi pelamar umum dan juga cpns honorer Kategori II pada tahun ini.
  3. Tes Karakteristik Pribadi ( TKP ).Contoh soal cpns seperti dalam bagian ini ditujukan untuk menilai integritas diri, motivasi berprestasi, kreativitas serta inovasi, tujuan pada service serta orang lain, kekuatan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri serta tuntas, tekad serta kekuatan studi berkepanjangan, kekuatan bekerja bersama didalam grup, serta kekuatan menggerakkan serta mengkoordinir orang lain.
Tes Kompetensi Bidang (TKB)
Untuk soal TKB ini ditentukan oleh masing-masing Instansi yang melakukan seleksi penerimaan cpns di tahun 2013-2014 ini. Bila dalam bagian kesehatan, maka hal ini akan diserahkan kepada Kementrian Kesehatan, bila terkait dengan soal-soal cpns dosen dan cpns Kemendikbud maka diserahkan kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Soal CAT CPNS tahun 2013 akan terdiri dari 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk soal-soal CPNS 2013 dalam ranah TWK dan TIU, kalau salah maka nilainya adalah nol, kalau betul nilainya 5.

Penyusunan masalah serta pengolahan hasil TKD dikerjakan oleh panitia pengadaan CPNS nasional, dibantu oleh tim pakar dari konsorsium perguruan tinggi. Untuk tahun ini, pengolahan hasil TKD akan memakai computer assisted test ( CAT ).

Penentuan kelulusan TKD, didasarkan pada nilai ambang batas kelulusan ( passing grade )yang ditetapkan oleh menteri PAN-RB berdasarkan atas rekomendasi dari tim ahli / konsorsiumperguruan tinggi negeri. Namun TKB, cuma untuk peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus TKD.

CPNS yang diharapakan dari seleksi itu yaitu memiliki karakteristik pribadi sebagai penyelenggara service pada masyarakat serta dapat bertindak sebagai perekat NKRI. Disamping itu, juga mempunyai intelegensi yang tinggi untuk pengembangan kapasitas serta kinerja organisasi pemerintah, dan mempunyai keterampilan

0 komentar: